Ayat-Ayat Emas

« »

Kamis, 16 Februari 2012

PDKT KBMK ! So Much Fun

Wei De Dong Tian  - 惟德动

Xie Tian Zhi En akhirnya event PDKT (Pengenalan Dasar Keagamaan dan Temu Akrab) yang diselenggarakan KBMK Binus di bulan penuh kasih ini berjalan dengan lancar, tepatnya beberapa hari lalu tanggal 10-12 Feb di Villa Bumi Tridharma, Cipanas - Puncak.

Mau tahu ngapain aja KBMK selama 3 hari tersebut ? 
Akan saya upas per hari dan bagi yang mengikuti mari mengingat-ingat kembali apa yang paling berkesan  bagi kalian dan apa yang kalian dapatkan ?




Hari  ke-1 Berangkat Bersama & Berdiskusi tentang Agama
     Pagi - pagi sekali kami semua berkumpul dan berangkat bersama-sama meskipun ada juga yang berangkat langsung dari rumahnya. Ketika sampai ditempat tujuan, tim panitia melakukan pendaftaran ulang dan pembagian kamar serta dilanjutkan dengan makan siang, setelah itu semua peserta diberikan freetime yang diisi dengan berkeliling di Villa menikmati pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk serta diantaranya ada yang berkumpul bercanda tawa bersama. 
     Menjelang petang semuanya berkumpul diaula dan disitulah dilakukan pembukaan acara PDKT yang dibawakan oleh MC dengan luwes yang membuat semua peserta dapat rileks mengikuti acara, pembukaan ini dimulai dengan doa yang dibawakan oleh Js. Rudi, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PDKT - Suwarnold, lalu Ketua KBMK - Anton Talok.
Seperti kata pepatah yang sudah bosan kita dengar "tak kenal maka tak sayang" maka berikutnya dilanjutkan dengan perkenalan semua panitia, peserta, alumni, dan narasumber, dan tidak lupa pembukaan acara disimbolkan dengan penyematan pin event PDKT.
Untuk mengenal KBMK lebih jauh maka pertama-tama tentu dijelaskan mengenai sejarah KBMK oleh Founder KBMK yaitu Raissa Lauwsen beserta Anton Talok, kemudian dilanjutkan dengan diskusi (tanya jawab) mengenai Agama Khonghucu yang dituntun oleh Js. Rudi dan Js. Adi.
 
 
     Pada malam harinya, ternyata panitia telah menyiapkan acara hiburan dengan menampilkan dance dan persembahan lagu, serta games-games yang mengundang gelak tawa semua peserta. Berikutnya dilanjutkan dengan pembawaan uraian agama oleh Js. Gunadi dan setelah itu semua panitia dan peserta dapat beristirahat. Tapi tentunya semua tidak lantas langsung beristirahat, sebagian besar masih tampak berkumpul bersama yang diselingi obrolan-obrolan ringan.
 

Hari ke-2 Hari unjuk kemampuan (talent show) dan mengikuti Uraian Agama
     Untuk mengisi pagi yang dingin tersebut sambil menunggu breakfast siap disajikan, tim panitia menyiapkan games yang sangat menarik yang melatih kekompakan semua peserta, semuanya tampak begitu senang, wajah berseri-seri menghiasi semua wajah yang berada di tempat tersebut.
 
     Setelah itu, karena tak ingin kehilangan kesempatan untuk menggali sedikit potensi dari semua peserta maka semuanya diwajibkan untuk mengikuti talent show, dan peserta dibagi dalam kelompok-kelompok dengan nama-nama yang unik serta diberikan waktu khusus untuk memikirkan apa yang ingin ditampilkan. 
Lalu dilanjutkan dengan uraian agama yang ber-topik "kesuksesan yang sempurna" yang tentunya diarahkan sesuai dengan ajaran-ajaran Nabi Kongzi yang dikemas dan dibawakan dengan gaya dan bahasa yang mudah dimengerti oleh para anak muda.
     Pada malam harinya, semua kembali berkumpul di aula untuk menampilkan show yang telah dipersiapkan dan kemudian diselingi dengan games-games yang kembali mengocok perut semua yang hadir diruangan tersebut. Semua tertawa lepas seolah tak ada beban dalam dirinya, dan akhirnya ditutup dengan acara api unggun. Pada saat api unggun mulai menyala, ternyata tetesan-tetesan air hujan pun mulai terasa, tapi semangat semua yang berkumpul tidak lah padam, acara malam itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Hari ke-3 Kembali ke Jakarta
Seolah tak ingin semua waktu terbuang hanya untuk meringkuk ditempat tidur karena diliputi oleh hawa dingin, pagi-pagi sekali beberapa peserta memerintahkan tubuhnya untuk bangkit melangkahkan kakinya keluar dari kamar demi menikmati keindahan matahari yang muncul dari ufuk timur.
     Tapi hari ini adalah saatnya kami semua kembali ke Jakarta, dalam setiap benak terlintas suasana ketika baru saja menginjakkan kaki di Villa Bumi Tridharma, tak terasa semua berakhir begitu cepat dan kami semua akan kembali melaksanakan aktivas kami masing-masing.
Pagi itu, setelah sarapan dan mengemasi barang-barang bawaan, kami berkumpul di aula untuk melaksanakan penutupan acara dan diacara ini kami dapat saling menyampaikan pesan dan kesan selama berada di acara PDKT dengan menuliskan dalam secarik kertas yang telah diberi nama sesuai dengan nama masing-masing dan diedar sehingga semua berkesempatan menorehkan sedikit tintanya, tapi uniknya peserta yang memiliki rasa humoris yang tinggi menuliskannya dalam kata-kata yang membuat semuanya tertawa terbahak-bahak. Setelah itu acara barulah ditutup dengan doa penutupan dan foto bersama.
 
 
 
Begitulah suatu kebersamaan terbentuk dalam waktu yang singkat, dan semuanya dapat berbaur bagaikan sebuah keluarga yang baru.
Dan semoga kebersamaan itu selalu ada menyelimuti kami semua dan kami berharap acara ini membawa banyak manfaat bagi semuanya, tak lupa terimakasih yang besar atas kebesaran hati semua yang berpartisipasi dalam event PDKT ini. Besar harapan dan jika Tuhan Berkenan, acara yang pertama kali diselenggarakan ini dapat dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya.
Shanzai 善哉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar