Ayat-Ayat Emas

« »

Minggu, 06 November 2011

Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu (KBMK) Bina Nusantara

Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggota-anggotanya. Lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti Senat Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas. Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan merupakan sub-ordinan dari Badan Eksekutif maupun Senat Mahasiswa.



UKM pun tidak hanya sekedar untuk keperluan jasmani. Namun pula rohani. UKM Kehoranian di UNIVERSITAS BINA NUSANTARA ( BINUS ) hanya ada lima. Diantaranya : Majelis Taklim ( ISLAM ), Keluarga Mahasiswa Katholik (KATHOLIK), Keluarga Mahasiswa Budhis Dhammavaddhana (BUDHA), Persekutuan Oikoumene ( PROTESTAN ), dan Keluarga Mahasiswa Hindu ( Hindu )

Namun, dalam kenyataannya, di Indonesia terdapat 6 agama. Yaitu : Islam, Katholik, Kristen Protestan, Budha, Hindu, dan Khonghucu. Seperti yang diakui dalam Undang-Undang (UU) No. 5/1969. Dalam hal agama-agama yang diakui negara, UU ini mengatur persis sama dengan Penetapan Presiden tahun 1965 yang telah disebutkan di atas, yakni bahwa ada enam agama di Indonesia: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Kita pun tidak bisa menutup mata, bahwa dalam komunitas BINUS, banyak sekali umat Khonghucu. Namun mereka para Confucian tidak punya wadah dalam memperlajari lebih dalam agama ini dan untuk berkumpul dengan sesama BINUSIAN khonghucu. Hal ini sangat disayangkan. Maka banyak sekali para Confucian ( umat Khonghucu ) mengikuti wadah agama lain. Mereka yang seharusnya mendapat wadah khusus untuk iman mereka, tapi malah masuk ke dalam wadah lain yang sebenarnya berbeda pemahaman.


Apalagi, Confucian dari luar daerah sebenarnya kurang memiliki pengetahuan dalam agama Khonghucu. Mereka hanya belajar tentang cara-cara peribadatan dan persembahyangan. Padahal, agama Khonghucu tidak hanya mengajarkan hal tersebut. Namun ada pula tentang berbakti kepada orang tua, keTuhanan, dan cara menempuh jalan suci.

UKM Khonghucu yang kami bentuk diberi nama KBMK (Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu). KBMK diresmikan pada tanggal 18 Juni 2011 di Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara yang dihadiri oleh Rektor Binus University,  Perwakilan dari UKM/HMJ Binus University,  Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia,  Perwakilan MAKIN dan PAKIN Jabodetabek,  Pihak Sponsor dan Donatur dan juga  Mahasiswa mahasiswi Binus University khususnya umat Khonghucu.
  


VISI
  • Mengembangkan ajaran Khonghucu di dunia kampus.
  • Membangun pribadi Khonghucu yang unggul di dunia universitas.
  • Memperkenalkan tata cara ibadah baku dalam Agama Khonghucu.



MISI
  • Mengadakan pertemuan rutin setiap minggu dengan mengundang pembicara baik dari rohaniawan maupun non-rohaniawan untuk membimbing kami dalam memperdalam pengetahuan agama serta keimanan kami.
  • Merayakan kegiatan keagamaan baik secara spiritual maupun secara tradisi.
  • Mengadakan outdoor class dengan mengunjungi kelenteng-kelenteng, kong miao, atau lithang.
  • Melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Semua misi ini dilakukan sesuai arahan dan aturan yang berlaku di bawah bimbingan pihak BiNus University dan MATAKIN.


LOGO


  • Gambar genta atau lonceng menggambarkan bahwa KBMK BiNus ini adalah sebuah organisasi yang menggaungkan genta rokhani atau kebajikan Kǒngzǐ (孔子).
  •    Di dalam genta terdapat tulisan mandarin Zhōngshù (忠恕)yang berarti satya dan tepasalira. Zhōngshù disebut Kǒngzǐ sebagai ‘Jalan Suci Yang Satu Yang Menembusi Semuanya’, karena ajaran ini vertikal menjalinkan manusia kepada Tuhan, Khaliknya dan horizontal menjalinkan manusia kepada sesama dan lingkungan hidupnya. Hal ini berarti bahwa di dalam membentuk organisasi ini, kami semua setia pada ajaran Khonghucu dan saling bertenggang rasa antar anggota KBMK maupun inter umat yang berbeda keyakinan.
  •    Warna dasar genta putih melambangkan kesucian dan ketulusan untuk satu tujuan dan itikad mulia bersama, yaitu mengembangkan ajaran Khonghucu di dunia pendidikan, khususnya di lingkungan perguruan tinggi.
  • Warna garis genta dan tulisan Zhōngshù adalah hitam yang melambangkan kekekalan atau keabadian. Kami berharap genta yang kami gaungkan demi kemajuan agama Khonghucu ini tidak hanya seumur jagung namun abadi tak lekang zaman.
  • Warna dasar Zhōngshù adalah orange yang menyiratkan enerjik. Dalam mengamalkan Zhōngshù, kami memiliki semangat tinggi untuk berkiprah di wadah KBMK ini.Warna ornamen kuning menyimbolkan keagungan dan cita-cita dalam meraih kesuksesan. Baik sukses dalam bidang pendidikan formal maupun kegiatan-kegiatan KBMK.
    1. Dengan gradasi warna yang berbagai macam yaitu hitam, merah, kuning dan orange melambangkan perbedaan yang mencolok.
    2. Namun menjadi indah ketika bergabung membentuk harmonisasi. Sesuai dengan motto KBMK : “Di Empat Penjuru Lautan Kita Semua Bersaudara”.
    3. Garis dalam genta terlihat seperti zig zag yang melambangan gairah, semangat, dinamika, atau gerak cepat.
    4. Tulisan Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu – Universitas Bina Nusantara dibentuk dengan gaya Rounded Archs yang melambangkan kekokohan.
    5. Bentuk tulisan dibuat serif yaitu memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama yang menyiratkan kemodernan, kotemporer, dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar