Ayat-Ayat Emas

« »

Jumat, 11 November 2011

Di Zi Gui (弟子规)

Di  Zi Gui
弟子规
Pendidikan Budi Pekerti
Pedoman Perilaku Siswa




Disusun oleh : Perguruan Setia Bhakti & Widya Karya

     Buku yang akan menerangkan tentang budi pekerti seorang anak manusia ini, merupakan penyederhanaan (bersifar aplikatif) yang merujuk langsung dari Kitab Suci agama Khonghucu, Kitab Sabda Suci (Lun Yu 論語) berdasarkan sabda Nabi Kong Zi ( 孔聖 夫子 - Kong Sheng Fu Zi), yang ditulis oleh Li Yu Xiu di zaman raja Kang Xi (康熙, tahun 1662 - 1722), dinasti Qing.

    Pada mulanya buku ini berjudul "Pengajaran Tentang Moral" (Xun Meng Wen). Kemudian oleh Pujangga lain pada zaman yang sama, bernama Jia Cun Ren, disunting dan diberi judul "Pedoman Para Siswa" ( 弟子规  - Di Zi Gui). Buku ini terkait erat dengan moral 24 laku bakti (二十四孝 - Er Shi Si Xiao) dan Kitab Untaian Tiga Aksara (三字經 - San Zi Jing) yang merupakan kesatuan ajaran etika moral Khonghucu. Semua ini memberikan tuntunan tentang tata cara berprilaku dalam seluruh aspek kehidupan dan keseharian manusia.



    Sebagai sistem pendidikan 'Budi Pekerti', Di Zi Gui sangat universal dan dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya digunakan oleh kalangan internal umat Khonghucu tetapi juga digunakan oleh pihak luar dari umat Khonghucu. Dewasa ini Di Zi Gui sudah diadopsi oleh banyak pihak, hanya sayang mereka melupakan sumber asalnya bahkan terkesan sengaja menghilangkan jejak sejarahnya.
    Di Zi Gui yang sudah beredar banyak diartikan secara bebas dan susunan katanya sudah merupakan penjelasan, persepsi penerjemah sangat dominan dan tendensius. Dalam kesempatan inipenulis menerjemahkan secara harfiah dan konsisten dengan tetap memilih kata yang dekat dengan makna huruf aslinya, baru kemudian diberi penjelasan berikut contohnya (ilustrasi).
    Dengan semakin banyaknya penggunaan Di Zi Gui, diharapkan kedepan dapat mendidik generasi penerus yang bermoral tinggi, menjadi insan Indonesia yang dapat menggenapi fungsi kemanusiaan yang holistik.


Bagi yang berminat membeli buku Di Zi Gui ini dapat langsung menghubungi Perguruan Setia Bhakti atau dapat melalui saya by email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar